oleh

Budayawan Philipina Kunjungi Kelurahan Jatirangga

PILARREPUBLIK.COM – Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi yang digadang-gadang akan dijadikan Kelurahan budaya kembali menerima tamu yang ingin mengenal lebih dalam adat dan budaya masyarakat yang masih berpegang teguh dengan budaya lokal. Setelah Sebelumnya ‘Kampung Budaya’ kelurahan Jatirangga ini menerima kunjungan dari Komisi X DPR RI dan juga kerap dikunjungi oleh beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, kini giliran budayawan berasal dari Negara Philipina mengunjungi kampung budaya tersebut.

Kehadiran rombongan Budayawan asal negara Phipilina kekelurahan tersebut tersebut didampingi oleh Dinas Pendidikan Kota bekasi, Tim Penggagas Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah PPKD dan juga budayawan seperti, Aki Maja, Kong Usman dan Suta Tjamin.

Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi dsaat menerima Budayawan asal Philipina untuk mengenal budaya lokal Kranggan

Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi yang menerima langsung rombongan budayawan Philipina mengajak ke Imah Panggung Kranggan untuk berdialog dan mengenalkan budaya, bahkan lurah termuda se Kota Bekasi ini juga sempat mengajarkan bahasa cara menyapa seperti, Sampurasun.

“Hari ini kelurahan jatirangga kedatangan tamu dari  Manila (Philipina, red), yang bertujuan untuk sharing dan mempelajari budaya di jatirangga. Mereka merupakan budayawan dan para guru di pilipina,” Kata lurah Jatirangga, Ahmad Apandi. (Selasa, 14/05/2019)

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Apandi ini mengatakan, Kedatangan budayawan dari negara luar dapat menjadikan para pemerhati budaya lokal lebih bersemangat dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang menjadi kearifan lokal.

“Seneng rasanya ada orang yang jauh-jauh dari luar Indonesia datang ingin belajar tentang kebudayaan kita, ini memberikan semangat kepada kita untuk terus melestrikan dan mamajukan kebudayaan daerah. Kami dari kelurahan sangat menyambut baik kedatangan teman-teman budaywan dari  Philipina untuk mempelajarai kebudayaan yang ada di Kelurahan Jatirangga,”. Ujarnya. 

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi memberikan ikat kepala khas Sunda kepada Budayawan Philipina

Apandi berharap kedepan Kelurahan budaya Jatirangga akan di dorong menjadi destinasi wisata budaya di Kota Bekasi. Sehingga dapat melestarikan kebudayaan yang ada di kranggan sekaligus dapat mendorong ekonomi masyarakat setempat.

Namun Demikian, diakui Afandi, dalam merealisasikan Kelurahan Jatirangga menjadi Kelurahan Budaya Jatirangga tidak semudah membalikan telapak tangan, karena banyak tantangan serta kendala-kendala seperti ketersedian sarana dan prasarana dan juga bagaimana merubah pola pikir anak milenial untuk tertarik melestarikan kebudayaan Kranggan. (dhit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.