oleh

Tiga Pilar Kelurahan Jatiluhur Hadiri Pembentukan Panitia Pemilihan Ketua RW 03

Pilarrepublik.com – Masa Bhakti ketua Rukun Warga (RW) 03 kelurahan Jatiluhur telah berakhir. Guna berjalannya roda pemerintahan mulai dari tingkat bawah, para pengurus RT sewilayah RW 03 kelurahan Jatiluhur dan tokoh masyarakat membentuk panitia pemilihan ketua RW. Turut hadir dalam kesempatan itu sekretaris kelurahan, Bimaspol serta Bhabinsa (tiga pilar).

“Sebenarnya masa bhakti saya telah berakhir sejak lama, namun diperpanjang dengan diterbitkannya surat tugas yang dikeluarkan oleh pemkot Bekasi, hal ini dikarena waktu itu mau menjelang pilkada kota Bekasi dan juga dilanjutkan dengan pemilihan umum (pemilu),” Kata Iman Haryadi, ketua RW 03 yang masa bhaktinya telah berakhir.

Sementara itu, sekretaris Kelurahan Jatiluhur, Muhidin, mengatakan, untuk melakukan pemilihan ketua RW harus dibentuk terlebih dahulu panitia pemilihan yang sudah diatur dalam perda Nomor 5 tahun 2015 yang sudah di revisi.

“Untuk tata cara pemilihan ketua RW sudah dituangkan dalam perda nomor 5 tahun 2015. Disana sudah jelas aturannya, baik yang berhubungan dengan syarat calon maupun syarat panitia penyelanggara,” Kata Muhidin. (Jumat, 28/6/2019)

Lebih lanjut dirinya mengatakan, ada beberapa perubahan hasil revisi perda nomor 5 tahun 2015 dari yang sebelumnya, diantaranya tentang perubahan masa bhakti dan perubahan aturan lainnya.

“Perda nomor 5 tahun 2015 yang mengatur tata cara terkait pemilihan ketua RT dan RW telah dilakukan revisi. Kalau sebelumnya masa bhakti untuk ketua RT dan RW hanya tiga tahun, kini dengan direvisinya perda tersebut, masa bhaktinya menjadi lima tahun, dan masih banyak lagi yang direvisi, seperti tidak boleh mencalonkan kembali apabila sudah menjabat dua periode baik secara berturut-turut maupun tidak,”. Jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Muhidin yang belum genap dua bulan menjabat sebagai sekel meminta agar warganya taat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Menurutnya pajak yang dibayarkan akan dikembali ke masyarakat melalui pembangunan seperti pengerasan jalan, drainase dan program pemerintah seperti kartu sehat (KS) dan lain sebagainya.

Ditempat yang sama, Bimaspol kelurahan Jatiluhur, Brigadir Apriadi berharap agar pemilihan ketua RW dapat berjalan dengan kondusif.

“Ini era demokrasi dan era keterbukaan, silahkan saja siapapun maju mencalonkan diri sebagai ketua RW kalau memenuhi syarat, namun saya berharap dalam pemilihan nanti harus berjalan aman kondusif,” pungkasnya. (dhit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.