oleh

Sakum Nugraha : Insya Allah, 2020 Kelurahan Jatiasih Bebas ODF

Pilarrepublik.com – Dalam rangka terwujudnya perubahan sikap dan perilaku masyarakat tentang kesehatan dan salah satu parameternya adalah tidak Buang Air Besar (BAB) Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), Kelurahan Jatiasih menggencarkan   pembangunan septitank program kegiatan sanitasi dasar berbasis masyarakat.

Menurut Lurah Jatiasih, Sakum Nugraha, akan dibangun sebanyak 112 titik septic tank untuk warganya yang tersebar sewilayah kelurahan Jatiasih.

“Insya Allah tahun 2020, kelurahan Jatiasih bebas ODF,” Kata Sakum saat ditemui sedang monitoring dilokasi pembuatan septic tank di Rt 01 Rw 09 Kelurahan Jatiasih.

Lurah Jatiasih, Sakum Nugraha saat melakukan monitoring pembangunan sanitasi di wilayahnya

Lebih Lanjut, Sakum mengatakan, pembangunan septic tank ini merupakan kerjasama program pemkot Bekasi dengan program dari perkimtan. Ia juga berharap Dengan adanya program ini di harapkan setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).

“Selain membangun septic tank, kami juga memberikan penjelasan kepada warga pentingnya menjaga kesehatan melalui lingkungan yang bersih. Yang namanya ODF itu tidak hanya dalam bentuk fisik berupa sanitasu yang baik, yang terpenting perilaku masyarakat untuk tidak BAB Sembarangan,”. Ujarnya.

Sakum juga mengatakan, Pembangunan sanitasi untuk warga ini menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan menggandeng Kelompok Swadaya Masyarkat (KSM) Sebagai pelaksana pekerjaan.

“kalau untuk anggarannya bersumber dari DAK, dan untuk pelaksana pekerjaannya kami gandeng Kelompok Swadaya Masyarakat,”. pungkasnya. (dhit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.