oleh

Pegadaian Syariah Area Jatiwaringin Sosialisasikan Arrum Haji Ke Jamaah Pengajian “Kokoh”

Pilarrepublik.com –  (BEKASI). Puluhan Jamaah pengajian Komunitas Kopi Subuh (Kokoh) mengikuti sosialisasi produk dari pegadaian syariah yakni pembiayaan Arrum Haji. Pembiayaan Arrum Haji pegadaian Syariah adalah layanan yang memberikan kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji.

Saat ini pegadaian syariah, kerap melakukan sosialisasi ke berbagai instansi, majelis taklim, komunitas pengajian dan lembaga lainnya.

 

Program sosialisasi dari majlis ke majlis seperti ini lebih bertujuan untuk literasi dan edukasi, tidak menargetkan ada closing, mungkin closing on time memang tidak ada namun biasanya setelah itu ada yang awalnya bertanya kemudian menjadi nasabah.

Rudi Kurniawan deputi bisnis pegadaian syariah area jatiwaringin mengatakan, Program Arrum haji ini sudah memasuki tahun ketiga dan respon masyarakat cukup bagus.

“Saat ini sudah ratusan ribu orang yang sudah mendaftar lewat produk Arrum Haji, alasan mereka mendaftar yang pertama produk syariah kemudian sudah jelas bekerjsama dengan kementrian agama yang memberi petunjuk,” Kata Rudi.

Lanjut Rudi, program Arrum haji sangat mempermudah kaum muslimin untuk menjalankan ibadah haji , pasalnya selain persyaratannya mudah, hanya dengan memberikan jaminan (gadai,red) emas seberat 5 sampai 7 gram, cicilannya pun cukup terjankau.

“Nasabah cukup datang ke kantor pegadaian syariah untuk memberikan jaminan emas 5 sampai 7 gram, langsung mendapatkan uang pinjaman Rp 25 juta dalam bentuk tabungan haji dan mendapatkan  nomor porsi,” jelasnya

Setelah mendapatkan buku tabungan haji, sambung, Rudi, maka kewajiban nasabah adalah membayar cicilan selama lima tahun sebesar Rp 672.000 setiap bulannya.

“Kalau Arrum haji itu kami membelikan fasilitas pembiayaan ke nasabah untuk bayar porsi. Beli porsi Rp 25 juta kemudian dapat nomor porsi antrian, antri porsi haji saat ini sekitar 20 tahun, sementara kita hanya mencicil selama lima tahun, dan yang terpenting adalah, selama mencicil nasabah sudah mempunyai nomor porsi.” Jelas Rudi.

Meskipun secara aturan setelah lunas cicilan para nasabah masih menunggu sekitar 15 tahun, namun ada juga yang mendapatkan panggilan lebih cepat,bahkan masih dalam tahap nyicil sudah ada yang berangkat haji.

“Ada juga nasabah kami yang baru dua tahun mencicil sudah ada panggilan berangkat haji, terutama untuk nasabah yang sudah sepuh atau yang diminta menjadi mendampingi orangtua atau kerabatnya, kalau untuk antrian kan memang sudah diatur pemerintah sesuai jumlah,”ucapnya

Hal senada juga dikatakan Ustadz Ahmad Zahrudin,dalam ceramahnya ia mengatakan, untuk melaksanakan ibadah haji ditanamkan dahulu niat dan kemauan yang kuat, sebanyak apapun hartanya kalau tidak niat dan kemauan maka tidak akan bisa melaksanakan ibadah haji.

“Kalau mau pergi haji yang terpenting ada kemauan dulu, kalau kita mau dan kemauan itu begitu kuat, Insya Allah ada rezekinya, umat islam enggak boleh pesimis, umat islam harus selalu optimis,” kata Ustadz Zahrudin dengan logat Betawinya yang sangat kental.

Sementara itu ketua Kokoh Jaini Jamaludin mengatakan, dengan adanya sosialisasi program Arrum Haji dari Pegadaian Syariah ini sangat membantu umat Islam khususnya yang berniat melaksanakan ibadah haji. Menurutnya, selain pembayarannya dengan cara mencicil, produk Pegadaian Syariah ini  juga dapat dipercaya.

“Saya rasa produk Arrum Haji ini sangat baik khususnya untuk umat Islam yang berniat melaksanakan ibadah haji, selain Jaminannya tidak terlalu besar, cicilannya relatif terjangkau.apalagi pegadaian syariah ini BUMN, mlik pemerinah Insya Allah aman,” tukasnya.

Berikut inilah keunggulan Arrum Haji Pegadaian Syariah

  • Memperoleh tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji.
  • Emas dan Dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian.
  • Biaya pemeliharaan barang jaminan terjangkau.
  • Jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat lunas. (dhit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.