oleh

WOW Keren, Masjid Babus Salam Miliki LPU

Meskipun Sedang Merenovasi, DKM Masjid Babus Salam Mendirikan LPU

Pilarrepublik.com (Bekasi) – Ide Cerdas pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Babus Salam yang berlokasi di kampung Bojongsari kelurahan Jatisari kecamatan Jatiasih kota Bekasi patut dicontoh. Pasalnya ditengah kesibukannya mengurus masjid yang sedang direnovasi total dengan estimasi anggaran mencapai Rp 1,6 Milyar ini masih sempat mendirikan Lembaga Pemodalan Umat (LPU).

LPU adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Masjid Babus Salam yang fokus mengurus pinjaman modal untuk jamaah dan masyarakat sekitar.

Pendiri LPU, Muhammad Arif mengatakan, tujuannya didirikannya LPU adalah untuk mencarikan solusi membantu masyarakat yang sedang membutuhkan.

“Sesuai dengan namanya, lembaga pemodalan umat atau kami singkat LPU, sudah barang tentu lembaga ini berkonsentrasi pada bidang pinjaman atau lebih tepatnya pemberian modal. kalau tujuannya sendiri yang jelas untuk membantu masyarakat mempermudah mendapatkan pinjaman untuk modal usaha dengan tidak riba,” jelas Muhammad Arif yang juga merupakan penasehat DKM Babus Salam

lebih lanjut pria yang biasa disapa Arif ini menambahkan, pada umumnya kebanyakan orang hanya bisa memberikan nasehat agar tidak meminjam uang yang ada ribanya namun tidak memberikan solusinya.

“Nah, tujuanya dengan adanya LPU ini adalah agar masyarakat sekitar masjid ini, khususnya jamaah masjid ini tidak lagi meminjam uang yang ada ribanya (berbunga,red). kami tidak hanya melarang namun kami juga memberikan solusi,”. terangnya.

Karena keterbatasan dana yang dimiliki LPU, lanjut Arif, saat ini LPU yang dikelolanya hanya memberikan pinjaman maksimal sebesar satu juta rupiah pernasabah. Hal ini sengaja dibatasi dengan tujuan agar lebih bermanfaat buat orang banyak.

”Mengingat dana yang kami miliki belum banyak, kami baru bisa memberikan pinjaman maksimal satu juta rupiah perorang. Mudah-mudahan kedepannya LPU ini dapat memberikan modal atau pinjaman ini lebih besar lagi,”. kata Arif.

Sambung Arif, untuk warga yang ingin mendapatkan pinjaman modal dari LPU masjid Babus Salam tidak ada syarat dan jaminan, mereka cukup mengajukan saja ke sekretariat. Adapun cara mengembalikannya adalah dengan cara mencicil setiap minggu.

” Karena sasaran kami warga dan jamaah sekitar masjid ini, sudah barang tentu kami cukup mengenal mereka, maka dari itu untuk mendapatkan pinjamannya pun cukup datang saja. Namun khusus bagi warga pendatang yang tempat tinggalnya masih mengontrak syaratnya harus ada jaminan berupa apa saja, yang penting ada yang dijaminkan,” Jelasnya.

Lanjut Arif lagi

”Kalau untuk mengembalikan pinjaman tersebut kami meminta dengan cara mencicil setiap minggu, namun ini bukan aturan yang mutlak, kalau memang mereka belum dapat mencicil perminggu, mereka dapat mencicil dengan cara lain sesuai akad, yang terpenting dapat melunasi pinjamannya dalam waktu sepuluh bulan. Namun kami lebih berharap nasabah dapat mencicil perminggu agar uangnya dapat berputar dengan dipinjamkan ke orang yang membutuhkan lagi. Kami ingin merubah image masjid yang selama ini hanya ada dibawah atau lebih banyak menerima, dengan adanya LPU seperti ini kami berharap image itu tidak ada lagi. Bahwa masjid juga dapat memberikan dan dapat membantu perbaikan ekonomi jamaah  dan masyarakat,”pungkasnya. (dhit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.